Disebut Lecehkan Budaya Betawi, Jokowi Nilai Ada Salah Tafsir

Standar

Solo Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menegaskan bahwa dirinya tidak berniat untuk melecehkan atau merendahkan atribut budaya Betawi. Karena itu dia enggan memberikan tanggapan atas protes sejumlah kalangan terkait pernyataannya yang enggan mengenakan baju koko dan kopiah dalam kampanye.

“Saya tidak pernah bilang seperti itu. Tidak pernah. Saya hanya menyatakan bahwa kemeja kotak-kotak yang dijadikan ikon pasangan Jokowi – Ahok itu keluar dari kebiasaan,” ujarnya kapada wartawan di Solo, Jumat (20/4/2012).

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir Jokowi mendapat serangan bertubi-tubi dari berbagai kalangan di Betawi. Hal itu terkait pernyataan Jokowi yang mengatakan tidak suka membuat pencitraan bergaya religius dengan mengenakan baju koko dan kopiah.

Pernyataan itu kemudian memicu timbulnya serangkaian kecaman, terutama dari warga asli Betawi. Menurut mereka, dengan membuat pernyataan seperti itu, Jokowi telah melecehkan pakaian khas Betawi yaitu baju model sadariah dan penutup kepala berupa songkok kopiah.

“Tidak ada pernyataan saya seperti itu (melecehkan baju koko dan kopiah -red). Saya juga memakai baju koko dan kopiah kok. Setiap jumatan saya pasti pakai. Persoalannya ini hanya salah menafsirkan saja,” jelasnya.

Namun Jokowi enggan memberikan komentar ketika disinggung apakah pihak lawan politiknya memanfaatkan situasi atau bahkan mendesain timbulnya kontroversi untuk menjatuhkan citra politiknya. Jokowi juga mengaku akan membiarkan saja kasus tersebut berlalu. “Biarin saja. Nggak apa-apa itu,” ujarnya ringan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s